PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE ALJABAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP ALJABAR PADA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA JAMBI
Main Authors: | Habidah, , Ash, Marzuki Arsyad, Hurmaini, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/389/1/SKRIPSI%20HABIDAH%20NIM.%20TM.%20140705%20-%20Habidah%20idah.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/389/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang bagaimana kemampuan pemahaman konsep aljabar siswa yang menerapkan media puzzle aljabar dengan yang tidak menerapkan media puzzle aljabar di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain posttest-only control design sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Sampel adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen (menerapkan media puzzle aljabar) dan kelas VII B sebagai kelas kontrol (tidak menerapkan media puzzle aljabar). Peneliti menemukan bahwa kemampuan pemahaman konsep aljabar siswa yang menerapkan media puzzle aljabar lebih baik dibandingkan kemampuan pemahaman konsep aljabar yang tidak menerapkan media puzzle aljabar. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep aljabar siswa yang tidak menerapkan media puzzle aljabar dengan yang menerapkan media puzzle aljabar pada materi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar dengan t hitung lebih besar dari pada , baik pada taraf sinifikan 5% maupun 1% yaitu 2,01 < 4,32 > 2,67. Hasil penelitian menyarankan agar guru menerapkan media puzzle aljabar dalam pembelajaran matematika terutama pada materi penjumlahan dan penguran aljabar.