Pengaruh Metode Pembelajaran Enrichment Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Jambi

Main Authors: Saripah Ilma, TF161182, Gusmira, Eva, Muliawati, Lousiana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/3863/1/TF161182%20Pengaruh%20Metode%20Pembelajaran%20Enrichment%20Terhadap%20Hasil%20Belajar%20Siswa%20Pada%20Mata%20Pelajaran%20Fisika%20Di%20Madrasah%20Aliyah%20Negeri%203%20Kota%20Jambi.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/3863/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Enrichment terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan quasi eksperimen dan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Jambi, adapun teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan metode Enrichment memberikan pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika, dibuktikan berdasarkan perhitungan ukuran efek (effect size), yaitu diperoleh nilai ds sebesar 1,02. Hasil ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran Enrichment dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Jambi sebanyak 55,4 %.