PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH GUPPI JAMBI
Main Authors: | Ayu Rizki Sofianti, TP161430, Idris, Ilyas, Syahbani, Nispi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/3791/1/TP161430%20Judul%20-%20lampiran%20fulltext.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/3791/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang penggunaan model pembelajaran kooperatif yang dibantu dengan media crossword puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah GUPPI Jambi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah pembelajaran kooperatif berbantuan media Crossword Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam materi Masa Pemerintahan Dinasti Ayubbiyah kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah GUPPI Jambi, apakah penggunaan pembelajaran kooperatif berbantuan media Crossword Puzzle dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah GUPPI Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas, dengan tujuan meningkatkan hasil belajar dan kualitas pembelajaran dengan penerapan pembelajaran kooperatif berbantuan media Crossword Puzzlepada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hasil penelitian memperoleh kesimpulan bahwa hasil observasi aktifitas belajar siswa yang dilakukan pada siklus I mencapai 45%dan pada siklus II lebih meningkat menjadi 92,5% sejalan dengan peningkatan aktifitas belajar siswa, peningkatan juga terjadi pada tes hasil belajar siswa. Pada siklus I diperoleh rata-rata persentase hasil belajar siswa yaitu 70% dengan kategori cukup dan mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II yaitu 82% dengan kategeori Baik. Peningkatan yang terjadi menunjukkan tercapainya indikator keberhasilan.