PENGARUH PENGGUNAAN MODEL REALISTIC MATHEMATIC EDUCATIONS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 MUARO JAMBI
Main Authors: | Reni Wahyuni, TM. 161351, Hurmaini, Hurmaini, Meslita, Rima |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/3766/1/Reni%20Wahyuni%20TM.161351.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/3766/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari bukti, menjawab pertanyaaan dan mengetahui kejelasan dan kepastian tentang signifikan tidaknya pengaruh hasil penerapan model Realistic Mathematic Educations terhadap kemampuan Pemahaman Konsep matematis siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen yaitu posttest only control design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster sampling, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes kemampuan Pemahaman Konsep matematis. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan Model Pembelajaran Realistic Mathematic Educations, dan berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol dengan pembelajaranDirect Intruction.Hasil perhitungan nilai tes uji t dengan taraf signifikan 5% t_tabel =2,024 sedangkan 1% t_tabel =2,712 dan diperoleh t_hitung=7,05 Karena nilai t_hitung≥t_tabel yaitu (2,024<7,05> 2,712). Hal ini menunjukkan bahwa H_a diterima dan H_0 ditolak artinya terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematic Educations terhadap kemampuan Pemahaman Konsep matematis siswa di kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Muaro Jambi.