PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMTATIKA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGRI 2 TUNGKAL ULU
Main Authors: | Ririn Yusatri, TM161357, Murtadlo MS, Ali, Wendra, Betri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/3727/1/Skripsi_Ririn_Yusatri_Watermak.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/3727/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menerapkan metode pembelajaran demonstrasi dengan yang tidak menerapkan metode demonstrasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tungkal Ulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain posstest-only control design sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen (menerapkan metode pembelajaran demonstrasi dengan memanfaatkan barang bekas sebagai media pembelajaran) dan kelas VII D sebagai kelas kontrol (menerapkan metode ceramah). Peneliti menemukan bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang menerapkan metode pembelajaran demonstrasi lebih baik dibandingkan kemampuan pemahaman konsep matematika yang menerapkan metode pembelajaran ceramah. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menerapkan metode pembelajaran demonstrasi dengan yang menerapkan metode pembelajaran ceramah pada materi segiempat dengan t_hitung lebih besar dari pada t_tabel, baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 2,00≤2,84≥2,65. Hasil penelitian menyarankan agar guru menerapkan metode pembelajaran demonstrasi dalam pelajaran matematika terutama pada materi segiempat dan pada materi lainnya.