PROBLEMATIKA GURU DALAM MENGELOLA KELAS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL YAQIN SIMPANG SUNGAI DUREN KECAMATAN JALUKO KABUPATEN MUARO JAMBI
Main Authors: | Noerheliza, TPG.161931, Armida, Armida, Mukminin, Amirul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/3704/1/skripsi_revisi%20noer.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/3704/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan problematika guru mengelola kelas di MI Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren Kecamatan Jaluko Kabupaten Muaro Jambi,meliputi bagaimana menciptakan iklim belajar yang tepat,mengatur ruangan belajar,dan menbelola interaksi kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif yaitu metode observasi,wawancara dan dokumentasi.instrumen penelitian yang digunakan pedoman observasi dan wawancara.teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data,penyajian data,dan penarikan kesimpulan.teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data sumber dan triangulasi teknik.hasil penelitian menunjukan bahwa dalam melaksanakan pengelolaan kelas guru kelas IV 1) menciptakan iklim belajar yang tepat guru lebih cendrung pada penekanan positif, 2) pengaturan ruang belajar guru cenderung hanya merubah format tempat duduk per dua bulan sekali. 3) mengelola interaksi kegiatan belajar mengajar cenderung terlihat saat guru melakukan kegiatan membuka dan menutup pelajaran.