Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meneliti penggunaan model pembelajaran kooperatif two stay two stray untuk meningkatkan hasil belajar biologi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 3 siklus.Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan tes soal pilihan ganda. Penelitian menemukan bahwamodel pembelajaran kooperatif two stay two stray meningkatkan hasil belajar siswa . Dengan demikian diperoleh hasil belajar siswa pada siklus I yaitu dengan rata-rata 55% dan ketuntasan siswa 34%.untuk hasil belajar dari siklus I masih belum memenuhi kriteria ketuntasan yaitu 80% sehingga harus dilanjutkan ke siklus II,Hasil belajar pada siklus II yaitu rata-rata 65% dengan ketuntasan 69%,untuk ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II masih belum mencapai 80% maka dilakukannlah penelitian pada siklus III dengan hasil belajar rata-rata 81% dengan ketuntasan 83%,untuk siklus III ketuntaan hasil belajar siswa telah mencapai kriteria keberhasilan yaitu >80.Setelah melakukan penelitian tindakan kelas selama III siklus hasil belajar siswa meningkat hingga 83%,Dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran kooperatif two stay two stray dapat meningkatkan hasil bealajar biolgi siswaa Madrasah Aliyah Negeri 1 Muaro Jambi. Hasilpenelitianini menyarankan agar guru menerapkan model pembelajaran kooperatif two stay two stray dalam pembelajaran biologi baik di materi Animalia maupun materi lainnya.