PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK MELALUI BERMAIN PERAN PADA KELAS B2 TAMAN KANAK-KANAK NURUL YAQIN SIMPANG SUNGAI DUREN KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA KABUPATEN MUATO JAMBI
Main Authors: | Nilawati, TRA162016, Huda, Huda, Amrindono, Amrindono |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/3672/2/Nilawati%2C%20TRA.162016%2C%20PIAUD-1.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/3672/ |
Daftar Isi:
- Bermain peran atau bermain pura-pura, merupakan kegiatan yang sangat baik untuk merangsang meningkatkan keterampilan sosial anak. Serta membangun daya fikir anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan menggunakan model kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah anak kelompok B2 yang berjumlah 20 anak terdiri dari 9 anak laki-laki dan 11 anam perempuan. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain peran anak dapat meningkatkan keterampilan sosial anak dan setelah adanya tindakan melalui bermain peran. Pada siklus 1 pertemuan 1 presentasi keterampilan sosial anak sebesar 5% yang berkembang sangat baik. Pada siklus II pertemuan I presentasi keterampilan sosial anak sebesar 50% yang sangat berkembang sangat baik. Pada siklus II pertemuan 2 presentasi anak sebesar 85% yang sangat baik perolehan presentase tersebut menunjukkan bahwa keterampilan sosial anak kelompok B2 dengan kriteria sangat baik telah mencapai indikator keberhasilan 85%.