PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH ZIYADATUL IMAN KOTA JAMBI

Main Authors: Dwi Hidayati, TPG161869, Idris, Ilyas, Mukminin, Amirul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/3657/1/TPG161869%20PENERAPAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20THINK%20PAIR%20AND%20SHARE%20%20%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20MINAT%20BELAJAR%20SISWA%20PADA%20PEMBELAJARAN%20TEMATIK%20KELAS%20IV%20DI%20MADRASAH%20IBTIDAIYAH%20ZIYADATUL%20IMAN%20KOTA%20JAMBI%20%20-%20Lampiran%20Fulltext.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/3657/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya minat belajar siswa serta Kurangnya minat siswa dalam belajar dan memperhatikan materi yang disampaikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa pada tema lima pahlawanku dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair and Share pada kelas IV MI Ziyadatul Iman Kota Jambi pada subtema 3 Sikap Kepahlawanan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara, angket, dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan.Setiap siklusnya terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair and Share dapat meningkatkan minat siswa pada Tema 5 pahlawanku subtema 3 sikap kepahlawanan kelas IV MI Ziyadatul Iman Kota Jambi. Pada tindakan siklus I skor nilai minat belajar siswa meningkat menjadi 3,6 dengan kategori mendekati minat, dengan jumlah siswa yang minat sebanyak 4 siswa, siswa yang cukup minat sebanyak 10 siswa. Dan meningkat sangat signifikan pada siklus II dengan skor nilai minat belajar siswa menjadi 4,4 dengan kategori mendekati sangat minat, dengan jumlah siswa yang minat sebanyak 11 siswa, siswa yang sangat minat sebanyak 5 siswa. Peneliti menyarankan guru dapat menerapkan model pembelajaran Think Pair and Share dalam kegiatan pembelajaran sehingga minat siswa lebih optimal.