IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI LISTRIK STATIS DENGAN MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK FOUR TIER
Main Authors: | Pajrina Auliyak, TF161171, Tanti, Tanti, Sukmawati, Nissa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/3649/1/SKRIPSI%20PAJRINA%20TF161171.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/3649/ |
Daftar Isi:
- Miskonsepsi adalah pemahaman konsep yang bertentangan dengan teori yang diterima secara ilmiah karena penggunaan yang umum dalam literatur. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang dimiliki siswa kelas IX MTsS Nururrodhiyah Kota Jambi pada materi Listrik Statis. Didapatnya gambaran mengenai miskonsepsi siswa merupakan informasi penting bagi guru sehingga dapat memperbaiki pembelajaran. Penelitian ini berupa penelitian Mixed Method Eksploratory dengan desain The Inrtument Development Model (model pengembangan instrument). Dalam penelitian ini alat tes yang digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa yakni four-tier test. Sampel pada penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas IX MTsS Nururrodhiyah Kota Jambi berdasarkan teknik Total Sampling. Berdasarkan four-tier test, miskonsepsi yang terjadi di kelas IX MTsS Nururrodhiyah Kota Jambi tergolong rendah karena <30%, yaitu sebear 15,31%.