PENGEMBANGAN MEDIA MINI BOOK BERBASIS DONGENG INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 143/IX TENGGERIS KABUPATEN MUARO JAMBI

Main Authors: Dian Yunaiti Syara, TPG161866, Muhsinin, Umil, Tabroni, Tabroni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/3618/1/TPG161866%20PENGEMBANGAN%20MEDIA%20MINI.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/3618/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Pengembangan Media Berupa mini book berbasis dongeng untuk siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 143/IX Tenggeris Kabupaten Muaro Jambi. Kemampuan membaca merupakan kemampuan dasar bagi siswa untuk bisa naik ke kelas yang lebih tinggi. Kemampuan membaca menjadi sangat penting bagi kehidupan siswa sehari-hari bahkan untuk menjadi jembatan terhadap jutaan ilmu pengetahuan. Agar tujuan pembelajaran dapat tercapai maka diperlukan upaya yang lebih baik dari guru dalam memilih dan menerapkan strategi, metode, dan media pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar tersebut. Tujuan penelitian ini adalah Menjelaskan desain emedia mini book berbasis dongeng dan Menjelaskan perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media mini book di Sekolah Dasar Negeri 143/IX Tenggeris Kabupaten Muaro Jambi. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D). Model yang digunakan dalam penelitian ini mengikuti model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (Kuisioner). Data analisis melalui cara analisis tingkat kevalidan produk dan analisis data uji coba menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media mini book dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan kemampuan membaca tersebut dapat diukur dari uji pre-test dan post- test dengan nilai pre-test rata-rata 60,7 % dan nilai post-test rata-rata 86,7%. Dengan demikian hasil penelitian di Sekolah Dasar Negeri 143/IX Tenggeris Kabupaten Muaro Jambi, dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan tersebut dapat dinyatakan valid dan dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III.