KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH LABORATORIUM KOTA JAMBI
Main Authors: | RAMLAH, TP.161562, Hakim, Lukman, Indriyani, Tuti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/3616/1/RAMLAH%20NASUTION-TP161562.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/3616/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang kompetensi pedagogik guru di MTs Laboratorium Kota Jambi. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan mutu belajar siswa, ingin mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan mutu belajar siswa, ingin mengetahui solusi yang dilakukan dalam mengatasi kendala pada kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan mutu belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, maka kehadiran peneliti di lapangan sangat penting. Peneliti bertindak langsung sebagai instrument dan sebagai pengumpul data, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan ialah kualitatif dengan teknik analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi pedagogik guru di Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Kota Jambi dikatakan baik, karena dilakukan dengan berbagai macam bentuk, a). memahami karakteristik pesrta didik, b), Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, c). Kegiatan pembelajaran yang mendidik. d.) pengembangan potensi peserta didik. e). menyelenggarakan evaluasi dan memanfaatkan hasil penilaian untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa. 2) Kendala kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Kota Jambi berdasarkan penelitian tidak terlalu banyak, ada beberapa kendala yang dihadapi daiantaranya, a). kurangnya disiplin siswa, b). Kurangnya sarana dan prasarana sekolah. 3). Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala pada kompetensi pedagogik guru di Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Kota Jambi ada beberapa solusi yang dilakukan pihak Madrasah seperti , a). mengikuti pelatihan Kurikulum dan menerapkannya, b). Guru menguasai materi pelajaran yang akan diajarkan.