MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III MADRASAH IBTIDAIAYAH MUHAJIRIN KOTA JAMBI
Main Authors: | Hidayah, TPG.161891, Shalahudin, Shalahudin, Imran, Imran |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/3608/1/TPG161891%20Judul-lampiran%20fulltext.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/3608/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model circuit learning pada pembelajaran tematik tema lima sub tema tiga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III madrasah ibtidaiayah muhajirin kota jambi. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang diperkuat dengan pendekatan kuantitatif, dengan mengambil latar belakang madrasah ibtidaiyah muhajirin kota jambi, sedangkan objek penelitian adalah meningkatkan hasil belajar tematik tema lima sub tema tiga dengan model circuit learning, penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang melalui empat tahapan yaitu : 1. perencanaan 2. pelaksanaan 3. observasi 4. refleksi. data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes atau evaluasi evaluasi hasil belajar dan dokumentasi. analisis data dilakukan dengan menggunakan hasil belajar siswa dengan tes pada sisklus I dan siklus II. pendekatan pada siklus I menunjukkan bahwa seluruh kegiatan pembelajaran belum cukup baik dilaksanakan oleh siswa meskipun telah terjadi peningkatan di siklus satu dan masih dalam predikat kurang, karena rata-rata persentase kegiatan masih dibawah 72%, siklus II telah menunjukkan hasil yang memuaskan baik dari aktivitas belajar siswa telah berada pada predikat cukup, baik, dan sangat baik sedangkan hasil belajar siswa telah mencapai rata-rata sebesar 80% dengan persentase klasikal sebesar 80% artinya perbaiakan untuk proses pembelajaran dicukupkan telah tercapai kriteria