PENGGUNAAN OPEN SOURCE PHYSICS (OSP)-TRACKER PADA KEGIATAN PEMANTAPAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN ALAM MADRASAH ALIYAH LABORATORIUM KOTA JAMBI

Main Authors: Nia Dwi Yolanda, TF140573, Syefrinanda, Boby, Afdala, Adfal
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/359/1/SKRIPSI%20NIA%20DWI%20YOLANDA%20TF140573%20-%20Nia%20Dwi%20Yolanda.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/359/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menerapan penggunaan media Open Source Physics (OSP)-Tracker pada pokok bahasan momentum dan impuls guna untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sekolah Madrasah Aliyah Laboratorium Kota Jambi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 34 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimen, dengan desain One Group Pretest-Posttest, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan pretest-posttest, lembar observasi dan angket. Penelitian ini menyatakan bahwa metode eksperimen dapat membantu siswa dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan prestasi belajar siswa yang dihasilkan dapat dilihat dari nilai rata-rata N-Gain pretest-posttest yang diperoleh. Untuk nilai rata-rata N-Gain tes prestasi belajar yang diperoleh adalah 0,40