IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 KOTA JAMBI
Main Authors: | YUYUN NOVITA, TP.161634, Anwar, Kasful, Julis, Dailami |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/3545/1/YUYUN%20NOVITA-TP161634.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/3545/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini mengkaji tentang implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VII: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran SKI di kelas VII, kendala implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran SKI di kelas VII, upaya meningkatkan implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran SKI di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kota Jambi. Untuk jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran SKI di kelas VII belum sepenuhnya dilakukan karena menemui beberapa kendala seperti: (1) kurangnya media pembelajaran dan sarana prasarana, (2) pengalaman guru SKI yang kurang karena kurangnya mengikuti diklat atau pelatihan Kurikulum 2013, dan (3) pemahaman guru SKI terhadap metode dalam Kurikulum 2013 yang masih kurang. Upaya yang dilakukan oleh Madrasah maupun guru SKI adalah: (1) melengkapi sarana dan prasarana, (2) mengadakan diskusi bersama guru lain dan mengikuti diklat atau pelatihan Kurikulum 2013, dan (3) melaksanakan metode yang ada dalam Kurikulum 2013.