PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BACA AL-QURAN ANAK DI MASJID NURUL AQSO DESA GERUNGGUNG KECAMATAN SEKERNAN KABUPATEN MUARO JAMBI
Main Authors: | Mega Ayu Agustin, Tp. 161506, Rafiq, Muhammad, Ridwan, Ahmad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/3524/1/TP.161506_MEGA%20AYU%20AGUSTIN_PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/3524/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini menjelaskan tentang Peran Guru Ngaji Dalam Meningkatkan Minat Belajar Baca Al- Qur’an Anak Di Masjid Nurul Aqso Desa Gerunggung Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti berperan langsung sebagai perencana, pelaksana, pengumpul data, penganalisis data dan sekaligus pelapor data. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Setelah dianalisis maka diperoleh hasil penelitian bahwa untuk meningkatkan minat baca Al-Qur’an anak, guru tidak terlepas dari penggunaan metode untuk mempermudah pembelajaran Al-Qur’an. Guru pengajian di Masjid Nurul Aqso ini menggunakan berbagai metode seperti Iqra, dan Qira’ati. Pengajian di Masjid Nurul Aqso Desa Gerunggung Kecamatan Sekernan kabupaten Muaro Jambi ini dilaksanakan dengan baik. Ada beberapa faktor yang menyebabkan orangtua memasukkan anaknya ke Masjid Nurul Aqso. Hal ini dikarenakan gurunya yang aktif dan pandai dalam mendidik anak-anak untuk mengaji. Di Majid Nurul Aqso ini menerapkan beberapa kriteria yang dijadikan pegangan guru untuk menilai kemajuan anak-anak dalam mengaji. Diantaranya dari segi ilmu tajwid, makhrijul huruf dan tartil. Setelah dianalisis peneliti dapat menyimpulkan bahwa kemampuan anak yang mengaji di Masjid Nurul Aqso memiliki peningkatan yang amat baik. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi dan wawancara peneliti.