UPAYA GURU DALAM PEMANFAATAN POJOK BACA UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA DI KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA NURUL YAQIN SIMPANG SUNGAI DUREN MUARO JAMBI

Main Authors: Maharani, TPG161916, Ahmad, Saidah, Siregar, Nasyariah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/3513/1/TPG161916%20judul-lampiran%20fulltext.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/3513/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang upaya guru dalam pemanfaatan pojok baca untuk menumbuhkan minat baca siswa di kelas IIIA Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Yaqin, penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif yaitu dimana peneliti berperan secara langsung sebagai perencanaan pelaksanaan, pengumpulan data, menganalisis data dan sekaligus pelapor data. pengumpulan data dilakukan dengan observasi, teknik wawancara langsung dan dokumentasi. peneliti menemukan bahwasannya upaya guru dalam pemanfaatan pojok baca untuk menumbuhkan minat baca siswa yaitu,(1) mendorong anak bercerita tentang apa yang telah dibacanya, (2) tukar buku dengan teman, (3) menyediakan buku yang menarik minat baca siswa, (4) menyediakan waktu membaca, dan (5) memberikan hadiah. kendala dalam menumbuhkan minat baca siswa tersebut ialah minimnya ruang kelas, kurangnya variasi buku atau keterbatasan buku dan terdapat siswa yang tidak suka membaca. adapun untuk mengatasi kendala tersebut yaitu membuat dekorasi pojok baca yang rapi dan indah, meminta pihak sekolah menaikan anggaran perpustakaan, dan memberikan motivasi serta dukungan. hasil dari penelitian ini bahwasannya adanya pojok baca membuat siswa senang dan lebih giat dalam membaca.