UPAYA MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN PETA KONSEP PADA MATA PELAJARAN FISIKA
Main Authors: | DEWI NOVITA SARI, TF.161150, Rizalman, Rizalman, Sukarno, Sukarno |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/3498/1/TF.161150-Upaya%20meningkatkan%20literasi%20sains%20siswa%20melalui%20model%20pembelajaran%20group%20investigation%20berbantuan%20peta%20konsep%20pada%20mata%20pelajaran%20fisika-Lampiran%20full%20text.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/3498/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang model pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran Fisika untuk meningkatkan Literasi Sains Fisika di Sekolah Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Jambi. Fokus penelitian ini yaitu pada aspek Literasi Sains siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan literasi sains siswa setelah kegitan pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbantuan peta konsep di MAN 2 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan selama2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas Literasi Sains siswa pada mata pelajaran Fisika melalui model pembelajaran group investigation berbantuan peta konsep meningkat di setiap siklus. persentase ketuntasan hasil literasi sains siswa dari prasiklus ke siklus I meningkat sebanyak 47% kemudian dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebanyak 79,6%. dan untuk peningkatan N-Gain indikator literasi sains prasiklus I ke siklus I pada aspek proses meningkat sebanyak 0,57 dengan kategori sedang, kemudian untuk aspek konten meningkat sebanyak 1,45 dengan kaegori tinggi, dan pada aspek konteks meningkat sebanyak 0,22 yang masih berada pada kategori rendah. Kemudian peningkatan N-Gain dari prasiklus ke siklus II pada aspek proses meningkat sebanyak 0,67 berada pada kategori sedang kemudian pada aspek konten meningkat sebanyak 1,37 yang berada pada kategori tinggi dan pada aspek konteks meningkat sebanyak 0,5 yang berada pada kategori sedang. Kemudian berdasarkan Lembar observasi aktivitas siswa dan guru yang menunjukkan aktivitas siswa dari 70% ke 86% dan aktivitas guru dari 69% ke 83%. Berdasarkan temuan penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan hasil Literasi Sains siswa Kelas XI MIA I MAN 2 Kota Jambi meningkat dengan baik setelah menggunakan model pembelajaran group investigation berbantuan peta konsep. Kata Kunci : Fisika, Literasi Sains, Group Investigation, Peta konsep