PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI TIFEEVERYONE IS A TEACHER HERE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKANKEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV DI SEKOLAHDASAR NEGERI 162/VII SANDARAN KECAMATAN BATANG ASAI KABUPATEN SAROLANGUN

Main Authors: ABROTO, TPG 161843, Shalahudin, Shalahudin, Ikhtiati, Ikhtiati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/3489/1/WATERMARK-%20Abroto%2020-5-2020.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/3489/
Daftar Isi:
  • Everyone Is A Teacher Here Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV di Sekolah DasarNegeri 162/VII Sandaran Kecamatan Batang Asai Kabupaten Sarolangun. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada tema Indahnya keberagaman di Negeriku di Sekolah Dasar Negeri 162/VII sandaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus terdiri dari tiga pertemuan. Sampel penelitian adalah siswa dan setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV semester genap tahun pelajaran 2020-2021 Seklah Dasar Negeri 162/VII Sandaran dengan jumlah siswa 14 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan belajar dari siklus I ke siklus II, terdapat peningkatan di setiap pertemuan dengan jenjang 45%, 63%, dan 78.8%. terbukti terdapat peningkatan yang baik setelah diharapkan tife (ETH) di siklus ke-2 dengan mencapai katagori “Aktif” dengan kriteria keberhasilan 78.8 Peningkatan keaktifan siswa terjadi karena dalam pembelajaran dengan menerapkan tife Everyone Is A Teacher Here siswa aktif untuk menyusun, menyelesaikan tugas bersama kelompoknya. Hal ini menunjukkan bahwa tife pembelajaran (ETH) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.