Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Metode Coperatife Inegrated Reading And Composition ( CIRC ) terhadap keterampilan membaca bahasa arab MTs Jauharul Falah Adapun tujuannya adalah: a). Untuk mengetahui skor keterampilan membaca bahasa arab siswa yang menggunakan metode (CIRC) terhadap keterampilan membaca bahasa arab MTs Jauharul Falah, b). Untuk mengetahui skor keterampilan membaca bahasa arab siswa yang tidak menggunakan metode (CIRC ) terhadap keterampilan membaca bahasa arab MTs Jauharul Falah c). Untuk mengetahui skor signifikansi perbedaan keterampilan membaca bahasa Arab siswa yang menggunkan metode (CIRC ) dan yang tidak menggunakan metode (CIRC ) terhadap keterampilan membaca bahasa arab MTs Jauharul Falah, d). Untuk mengetahui Pengaruh Metode (CIRC) terhadap keterampilan membaca bahasa arab MTs Jauharul Fala. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif, jenis penelitian Eksperimen dengan menggunakan desain Posttest-Only Control Design. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu: Observasi, Tes (Soal) dan Dokumentasi. Metode Analisis Data yang dilakukan dengan Uji Prasyarat (Uji Normalitas, Uji Homogenitas) dan Uji Pengaruh (Uji –t /t-test). Adapun subyek penelitian adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen berjumlah 20 orang siswa dan siswa kelas VIII B sebagai kelas control berjumlah 20 orang siswa. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka diperoleh Skor keterampilan membaca bahasa Arab siswa yang menggunakan metode CIRC (Kelas eksperimen) dengan Nilai tertinggi 100, Nilai terendah 84 , rata-rata 93,5 , dan standar deviasi 13,89. b). Skor keterampilan menulis bahasa Arab siswa yang tidak menggunakan metode CIRC (Kelas control) dengan Nilai tertinggi 98, Nilai terendah 44 , rata-rata 70,9 , dan standar deviasi 17,02. Sehingga terbukti bahwa nilai keterampilan membaca siswa yang menggunakan metode CIRC lebih tinggi dibandingkan yang tidak menggunakan metode CIRC. Berdasarkan perhitungan Uji t diperoleh t_hitung= 4,48 dan pada taraf signifikansi ( p= 0,05% diperoleh t_tabel= 2,03 ) taraf signifikansi ( p= 0,01% diperoleh t_tabel= 2,72 , dengan demikian taraf signifikan yaitu 2, 03 < 4,48 > 2,72 . Sehingga H_a diterima, artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan membaca bahasa Arab siswa yang menggunakan metode Coperatife integrated reading and composition di Mts jauharul falah. Berdasarkan perhitungan menggunkan Uji Effect Size diperoleh d= 1,49 dimana pada tabel Cohen’s persentasenya adalah 91,9% sehingga memberikan pengaruh yang tinggi terhadap keterampilan membaca bahasa Arab.