MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL CYCLE LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAJIRIN KOTA JAMBI
Main Authors: | Halimatus Sa'diah, TPG.161888, Jailani, Syahran, Imran, Imran |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/3457/1/Skripsi%20Halimatus%20Sa%27diah%20Watermark.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/3457/ |
Daftar Isi:
- skripsi ini membahas tentang meningkatkan hasil belajar siswa melalui model cycle learning pada pembelajaran tematik di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin kecamatan Telanai Pura kota Jambi. tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran tamatik di kelas V MI Muhajirin Kota Jambi. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). subjek penelitian ini adalag guru kelas V dan siswa-siswi kelas V MI Muhajirin kecamatan Telanai Pura Kota Jambi. sedangkan objek penelitian adalah penerapan model cycle learning, meningkatkan hasil belajar pada tema panas dan perpindahannya sub tema 1 suhu dan kalor. data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran cycle learning dapat meningkatkan hasil belajar dalam proses pembelajaran. peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari hasil evaluasi tiap siklus. penelitian ini menggunakan tiga siklus. siklus I dengan rata-rata hasil belajar siswa 68 dengan persentase ketuntasan 52% , siklus II dengan rata-rata hasil belajar siswa 71 dengan persentase ketuntasan 67% dan pada siklus III dengan rata-rata hasil belajar siswa 72 dengan persentase ketuntasan 81%, dengan demikian model cycle learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.