PERAN GURU PEMBIMBING TERHADAP PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 6 KOTA JAMBI
Main Authors: | Tri Aji Purnama, tp.140900, Rosadi, Kemas Imron, Muhammad, Habib |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/3455/1/SKRIPSI-TRI%20AJI%20PURNAMA.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/3455/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini dilatarbelakangi oleh kurangnya bimbingan sosial pertama dalam bimbingan sosial untuk pembinaan akhlak masih terdapat kekurangan seperti perkelahian antara siswa, ribut didalam kelas dan sebagainya. Kedua siswa masih banyak terlihat enggan melakukan bimbingan, walaupun telah diharuskan kepada semua peserta didik untuk melakukan bimbingan, ketiga masih perlunya perhatian yang khusus dari guru bimbingan konseling untuk pembinaan akhlak siswa melalui bimbingan ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field recearch). Sumber data dari penelitian ini terdiri dari data primer yaitu: 4 guru bimbingan konseling, data skunder yaitu: Historis dan Geografis, Struktur organisasi, keadaan guru dan siswa, Keadaan sarana dan prasarana. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara, data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bimbingan konseling telah melakukan bimbingan, seperti bimbingan belajar, bimbingan karir, bimbingan sosial dan bimbingan belajar Adapun yang menjadi kendala diantaranya adalah: meningkatkan perhatian terhadap pendidikan terhadap anak, memberikan nasehat dan motivasi terhadap anak, dan meningkatkan disiplin siswa.