PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM AL-FALAH JAMBI

Main Authors: Neni, TM161331, Yusmarni, Yusmarni, Mardia, Ainun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/3443/1/skripsi%20Neni%20PDF.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/3443/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang pengembangan bahan ajar berupa LKPD Matematika berbasis Konstruktivisme. LKPD ini melengkapi sumber belajar siswa dengan pendekatan menemukan konsep sendiri pada siswa dengan materi yang ringkas dan sesuai kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD pada materi penyajian data dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam AlFalah Jambi dikelas VII-5. Model pengembangan yang digunakan yaitu R&D dengan menggunakan 10 langkah pengembangan yang terdiri dari tahap mencar potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validitas desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revis produk, produksi masal.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, Angket, dan post-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian LKPD menurut ahli materi sebesar 3,59 (Baik), ahli media sebesar 4,00 (Baik), dan penilaian guru memperoleh skor 3,75 (Baik) dan peserta didik memperoleh skor sebesar 4,33 (Sangat Baik), nilai dari observasi peserta didik menunjukan persentase rata-rata 99.32 % termasuk katagori ( Sangat baik/aktif). Berdasarkan proses pengembangan secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa LKPD ini dapat memfasilitasi proses kegiatan pembelajaran mandiri dan kelompok.