PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH SWASTA NURUL IMAN

Main Authors: Uswatun Khasanah, TM161383, Idarianty, Idarianty, Kukuh, M.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/3414/1/TM161383%20Judul%20-%20lampiran%20fulltext.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/3414/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Model Contextual Teachig and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X Madrasah Aliyah swasta Nurul Iman. Penelitian ini merupakan peneitian kuantitatif dengan menggunakan desain Postets-Only Control Design, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan observasi. Peneliti menemukan bahwa penggunaan Model Contextual Teaching and Learning (CTL)berpengaruh secara signifikan terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X Madrasah Aliyah swasta Nurul Iman. Dari hasil perhitungan didapat skor rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan model Contextual Teaching and Learning pada materi statistika diperoleh 81,25 dengan standar deviasinya 10,76 dan rata-rata nilai observasi sebesar 74,83 dengan standar deviasinya 8,81.kemudian dari data tersebut dilakukan uji “t” didapat thitung = 4,23 dan thitung = 3,93 untuk nilai observasi dan setelah membandingkan antara thitung dan ttabel ternyata thitung > ttabel pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% diperoleh 2,07 < 4,23 > 2,82 untuk nilai tes 2,07 < 3,93 > 2,82 untuk nilai observasi maka thitung > ttabel maka H0 ditolak. Kemudian dilakukan uji korelasi phi pada tarag signifikan 5% dan 1% diperoleh 0,404 < 0,59 > 0,515 untuk nilai tes dan 0,404 < 0,67 > 0,515 untuk nilai observasi karena φ > rtabel maka H0 ditolak. Dengan demikian Model Contextual Teaching and Learning (CTL) mempunyai pengaruh yang tinggi terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X Madrasah Aliyah swasta Nurul Iman.