HUBUNGAN ANTARA BELIEFS MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 KOTA JAMBI

Main Authors: Titin Masturoh, TM161378, El Hilali, Husni, Meslita, Rima
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/3384/1/TM161378%20Judul%20-%20lampiran%20fulltext.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/3384/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hubungan antara beliefs matematika dengan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi teorema phytagoras di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Jambi yang memiliki kemampuan pemahaman konsep matematika rendah yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah siswa 270 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling yang terdiri dari 20 orang siswa. Dari hasil perhitungan didapat nilai rata-rata beliefs matematika sebesar 43,9 dan standar deviasinya 7,148 sedangkan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika sebesar 26,375 dan standar deviasinya 13,381. Kemudian dilakukan uji korelasi product-moment diperoleh r_hitung=0,501 dan setelah membandingkan antara r_hitung dan r_(tabel ) pada taraf signifikansi 5% maupun 1% didapatkan 0,444<0,501>0,561. Dengan demikian H_0 ditolak artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara beliefs matematika dengan kemampuan pemahaman konsep. Dengan sumbangan beliefs matematika memberikan kontribusi sebesar 25,1 % terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika sisanya 74,9 % dipengaruhi faktor lain.