PENGARUH ANTARA KEAKTIFAN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MADRASAH TSANAWIYAH AINUL YAQIN KOTA JAMBI
Main Authors: | Pipin Indriyani, TM161343, El Hilali, Husni, Rapiko, Rapiko |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/3381/1/Format%20Skripsi%20Perbaikan%20Pipin%20Indriyani.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/3381/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Antara Keaktifan Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah Ainul Yaqin Kota Jambi. Penelitian yang terdiri dari tiga variabel yaitu variabel keaktifan (x1),fasilitas (x2),dan hasil belajar matematika sebagai variabel (y). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa yang diambil secara acak atau Simple Random Sampling yang terdiri dari 10 siswa dari kelas VII, 10 siswa kelas VIII dan 10 siswa kelas IX. Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimen, dengan desain kuantitatif survey, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah, uji korelasi parsial dan korelasi ganda. Berdasarkan hasil analisis statistik yang dilakukan diperoleh bahwa (1)Terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan belajar terhadap hasil belajar ditunjukkan dengan nilai t_hitung≥t_tabel atau 3,10 ≥ 1,701 dan keaktifan memilki konstribusi pengaruh sebesar 5,15% terhadap hasil belajar.(2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belarjar ditunjukkan dengan nilai t_hitung≥t_tabel atau 1,766≥ 1,701 dan fasilitas memiliki konstribusi pengaruh sebesar 42,77% terhadap hasil belajar (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan belajar terhadap fasilitas belajar ditunjukkan dengan nilai t_hitung≥t_tabel atau 3,01 ≥ 1,701 dan keaktifan memiliki konstribusi pengaruh sebesar 14,21% terhadap fasilitas belajar (4)Terdapat pengaruh antara keaktifan dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel atau 10,56 >3,36 dan memiliki pengaruh sebesar 42,25%. Hasil penelitian ini menyarankan agar sekolah dapat meningkatkan keaktifan siswa dan menyediakan fasilitas belajar yang memadai sehingga diharapkan hasil belajar siswa akan meningkat, khususnya pada pelajaran matematika.