PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM AL-FALAH JAMBI

Main Authors: Junia Nabila, TM161310, Usmar, Ali, Kukuh, M.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/3380/1/TM161310%20JUNIA%20NABILA%20PENGARUH%20PENERAPAN%20PENDEKATAN%20SAVI%20TERHADAP%20KEMAMPUAN%20PEMECAHAN%20MASALAH%20MATEMATIKA%20PESERTA%20DIDIK%20KELAS%20VII%20SEKOLAH%20MENENGAH%20PERTAMA%20ISLAM%20AL-FALAH%20JAMBI.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/3380/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari bukti, menjawab pertanyaaan dan mengetahui kejelasan dan kepastian tentang signifikan tidaknya pengaruh hasil penerapan pendekatan SAVI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VII Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Falah Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen yaitu posttest only control design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Sampel penelitian berjumlah 25 peserta didik sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan pendekatan SAVI. Dan berjumlah 25 peserta didik sebagai kelas kontrol dengan pendekatan pembelajaran langsung. Hasil perhitungan nilai tes uji t dengan taraf signifikan 5% t_tabel =2,01 sedangkan 1% t_tabel =2,68 dan diperoleh t_hitung=4,83 Karena nilai t_hitung≄t_tabelyaitu (2,01<4,83> 2,68). Hal ini menunjukkan bahwa H_a diterima dan perhitungan uji pengaruh menggunakan effect size diperoleh d_s=1,4 dengan kategori tinggi. Dengan demikian hipotesis alternatif (H_a) diterima dan (H_0) ditolak. Berarti ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan Pendekatah SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Falah Jambi.