PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 22 KOTA JAMBI
Main Authors: | Nurul Izza. AZ, TM.161339, Idarianty, Idarianty, Walid, Abul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/3357/1/Nurul%20Izza.AZ%20%28TM.161339%29%20Watermark.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/3357/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Kota Jambi dalam hal ini hasil belajar yang diambil merupakan hasil ulangan matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mencari bukti apakah memang benar antara kecerdasan emosional dan hasil ulangan matematika siswa terdapat pengaruh/korelasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan sampel berjumlah 48 siswa. . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metodee ex post facto, dimana peneliti memberikan 30 butir pernyataan berupa angket kepada 48 sampel. Analisis pada penelitian ini menggunakan uji linieritas regresi dan uji Pearson Product Moment. Dari uji linieritas regresi pada taraf signifikansi 5% diperoleh 0,33 < 1,98 . Karena F_hitung≤F_tabel maka H_0 diterima artinya metode regresi berpola linier dan dari hasil uji Pearson Product Moment pada taraf signifikansi 5% dan 1% diperoleh 0,291<0,940>0,376 Karena t_hitung≥t_(tabel ) maka H_0 ditolak artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa KelasVII.