احساس الطلاب لطريقة المعلم فى التعليم اللغة العربية في مدرسة الثانوية الحكومية ٥ مدينة جمبي
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil persepsi siswa terhadap metode pembelajaran guru bahasa arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kota Jambi. Untuk mengetahui hasil dari persepsi (tanggapan) tersebut dilakukan uji deskriptik berupa kuesioner kepada siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kota Jambi Tahun 2020. Jenis metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan peendekatan kuantitatif survey, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N 5 Kota Jambi yang berjumlah 162 siswa, sedangkan sampel penelitian diambil sebanyak 115 siswa dengan menggunakan rumus slovin. Dan Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan angket. Untuk menguji instrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas. Serta untuk mendapatkan hasil persentase dan frekuensi data yaitu dengan menggunakan SPSS Versi 21 for windows. Dan adapun hasil penelitian yang penulis lakukan mengenai persepsi siswa terhadap metode pembelajaran guru bahasa arab di MTs N 5 kota Jambi dengan menggunakan Angket. Serta dilihat juga dari hasil wawancara guru dan siswa. Maka dapat saya simpulkan bahwa persepsi siswa terhadap metode pembelajaran guru bahasa arab itu tinggi. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket siswa tentang pernyataan metode yang digunakan oleh guru saat mengajar, pada pernyataan angket Dalam menerangkan materi pelajaran Guru suka meminta siswa di kelas untuk menirukan bacaan atau mengulangi kalimat yang di ucapkan oleh Guru ( metode sam’iyah wa syafawiyah )terdapat 50 siswa (43,5%) menjawab sangat setuju, 45 siswa (39,1%) menjawab setuju, 14 siswa (12,2%) menjawab kurang setuju dan 6 siswa (5,2%) menjawab tidak setuju.