PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI TEKNIK BAMBOO DANCING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 151/IV KOTA JAMBI

Main Authors: Agustina Dewi Astuti, TPG.161844, Mahluddin, Mahluddin, Musyaffa, A.A
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/3290/1/Skripsi%20AGUSTINA%20DEWI%20ASTUTI%20%28TPG.161844%29.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/3290/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan sebagaimana pengamatan awal di kelas VA SDN 151/IV Kota Jambi peneliti menemukan siswanya memiliki tingkat motivasi belajar yang rendah yaitu 57.09% dan hasil belajar siswa tergolong rendah tidak memenuhi standar (KKM). Sehingga yang menjadi pokok permasalahan adalah kurangnya motivasi dan hasil belajar siswa. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif teknik Bamboo Dancing di kelas VA SDN 151/IV Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dari penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Bamboo Dancing dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VA SDN 151/IV Kota Jambi. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggar yang terdiri dari 2 siklus. Adapun hasil dari penelitian ini adalah hasil angket yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik dan uji kompetensi untuk mengukur tingkat hasil belajar siswa kelas VA SDN 151/IV Kota Jambi. Dengan nilai angket motivasi belajar siklus I sebesar 68.10% dan siklus II sebesar 74.83%. kemudian peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dapat diukur dan dari uji kompetensi siklus I dan siklus II. Dengan nilai hasil belajar siswa siklus I sebesar 7.5 dan siklus II sebesar 7.9. Serta uji validasi pada siklus I senilai 0.58 menunjukkan kriteria koefisien korelasi cukup. Selanjutnya, uji validasi pada siklus II senilai 0.72 menunjukkan koefisien korelasi yang tinggi. Kedua data pada siklus I dan siklus II telah valid atau sahih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif melalui Teknik Bamboo Dancing dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.