POLA PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH DI MADRASAH TSANAWIYAH JAUHARUL FALAH KECAMATAN KUMPEH ULU KABUPATEN MUARO JAMBI

Main Authors: Surtina, UB160258, Batubara, Sahmin, Hasanah, Neneng
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/3264/1/Surtina%20UB160258.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/3264/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini di latar belakangi bahwa pendidikan pada anak merupakan investasi yang sangat penting bagi penyiapan sumber daya manusia di masa depan. Dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk masa depan, untuk pembekalan akhlak mereka dan moral merupakan salah satu hal yang penting untuk diberikan, dengan adanya pendidikan tersebut memberikan kesempatan kepada kita semua khususnya bagi orang tua yang pada dasarnya ingin memiliki anak-anak yang berakhlak mulia. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Proses Pola Pembinaan Akhlakul Karimah di Madrasah Tsanawiyah Jauharul Falah Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi, bagaimana pola pembinaan akhlakul karimah yang diterapkan di Madrasah Tsanawiyah Jauharul Falah Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi, apa faktor pendukung dan penghambat yang ditemui para ustadz/ustazah dalam pola pembinaan akhlakul karimah pada anak di Madrasah Tsanawiyah Jauharul Falah Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi, bagaimana faktor pencapaian ustadz/ustazah dan hasil pola pembinaan akhlakul karimah pada anak di Madrasah Tsanawiyah Jauharul Falah Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat fenomenologis untuk menjawab mengapa dan bagaimana suatu peristiwa terjadi. Pengumpulan data di lakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa proses pola yang diterapkan pada anak di Madrasah Tsanawiyah Jauharul Falah Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi mengunakan pembelajaran anak melalui bercerita, membiasakan peserta didik untuk selalu berkata jujur, memberikan teladan yang baik, dan memberikan pemahaman terhadap nila-nilai agama. Yang mana hasil dari pola pembinaan akhlak ini dapat dilihat dari perilaku anak-anak Madrasah Jauharul Falah yang baik, saling tolong menolong, menghormati orang tua, tidak berkelahi, sopan santun, selalu membaca do’a kalau mau belajar, mengucap salam, dan salaman kalau mau pergi kesekolah. Akhrinya penulis merekomendasikan kepada para ustadz/ustazah agar bekerja sama dengan wali murid dalam membina akhlak anak-anak mereka. Disamping itu juga para ustadz/ustazah harus meningkatkan kinerja, dan mencari terobosan baru yang dapat meningkatkan pembelajaran serta pembinaan akhlakul karimah bagi anak-anak di Madrasah Jauharul Falah demi tercapainya tujuan bersama yaitu menciptakan generasi yang berakhlakul karimah.