PEMBELAJARAN TEMATIK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI PROF. DR SRI SOEDEWI MASJCHUN SOFWAN SH KOTA JAMBI

Main Authors: Fitra Sardista, TPG 161881, Mahluddin, Mahluddin, Siregar, Nasyariah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/3246/1/Skripsi%20Fitra%20Sardista%20%28TPG%20161881%29.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/3246/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang pembelajaran tematik di kelas autis yang telah menerapkan kurikulum 2013 dalam bentuk tematik, hanya saja terdapat Program Khusus (PROKSUS) yang diterapkan di kelas autis yaitu meliputi komunikasi, interaksi dan perilaku. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran tematik pada anak autis, 2) untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran tematik pada anak autis, 3) untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kendala dalam proses pembelajaran tematik pada anak autis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Kemudian pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan: 1) mereduksi data dengan cara mencatat dan merekam data yang di dapat selama di lapangan, 2) menyajikan data dengan uraian berbentuk teks naratif, 3) menyimpulkan data atau verifikasi dengan menarik kesimpulan secara garis besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala yang terjadi dalam proses pembelajaran tematik yaitu guru cukup kesulitan menyampaikan materi pelajaran, karena kurangnya kemampuan anak autis dalam berkomunikasi dan mengerti apa yang guru sampaikan, pelaksanaan pembelajaran yang tidak sepenuhnya berdasarkan Rencana Pelaksaan Pembelajaran (RPP), kurangnya spesifikasi guru berlatar belakang pendidikan luar biasa, media pembelajaran yang terbatas, metode pembelajaran yang tidak dapat sepenuhnya diterapkan, kesulitan dalam mengevaluasi pembelajaran, sarana dan prasarana yang kurang terpenuhi dalam kegiatan belajar mengajar. Upaya dalam mengatasi kendala dalam proses pembelajaran tematik yaitu guru mengikuti pelatihan kurikulum 2013 dan KKG (Kelompok Kerja Guru) yang diadakan sekolah maupun provinsi, pihak sekolah berupaya untuk memenuhi fasilitas sarana dan prasarana sebagai penunjang proses pembelajaran tematik pada anak autis tercapai dengan maksimal.