STRATEGI MEDIA RELATION DALAM MELAKSANAKAN PUBLISITAS (STUDI DI HUMAS KANTOR WALIKOTA JAMBI)

Main Authors: Susanti, Vivi, Su'aidi, , Sururuddin,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/323/1/SKRIPSI%20VIVI%20SUSANTI%20BOOKS%20MARS%20-%20elis%20ningrum.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/323/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya sebuah gesekan dan perselisihan antar Humas dalam menjalin hubungan dengan media yang berdampak pada buruknya citra Pemerintah. Sehingga penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Humas Kantor Walikota Jambi melakukan strategi media relation dalam melaksanakan publisitas, agar citra pemerintah tetap baik di masyarakat. Kajian terhadap strategi media relation Humas Walikota Jambi dalam mengoptimalkan publisitas akan menggunakan penelitian lapangan. Data penelitian ini diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis penulis mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Humas Kota Jambi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya menghadapi beberapa masalah. Masalah yang sering dihadapi humas adalah terkait pemberitaan yang tidak sesuai diberitakan oleh media. Maka dari itu humas melakukan strategi media relation dalam menjalin hubungan baik dengan media. Ada 7 strategi yang diterapkan oleh Humas Kantor walikota Jambi dan dari 7 strategi tersebut salah satunya memecahkan masalah yang sering dihadapi humas yaitu manejeman Konfik. Ketika ada berita negatif yang viral di masyarakat oleh media maka humas membalas dengan memberitakan sebanyak-banyaknya berita positif sehingga berita-berita negatif yang dapat merusak citra pemerintah hilang. Dari implementasi kegiatan Humas, melakukan kerjasama dengan banyak media cetak, elektronik, dan online sehingga kegiatan pemerintah dapat tersebarluas dan citra pemerintah Kota Jambi baik dimata masyarakat. Humas Pemerintah Kota Jambi memandang penting pulisitas, karena bisa membangun hubungan baik dengan media massa di Kota Jambi.