PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD N 21/IV PELAYANGAN KOTA JAMBI

Main Authors: Mustika Putri, TPG.161928, Armida, Armida, Mukminin, Amirul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/3186/1/Mustika%20Putri%20FS%20TPG161928.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/3186/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Tematik di SD N 21/IV Pelayangan Kota Jambi.. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan Keaktifan belajar siswa pada Pembelajaran Tematik kelas IV di SD N 21/IV Pelayangan Kota Jambi.dengan Penerapan model Think Pair Share. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD N 21/IV Pelayangan Kota Jambi., sedangkan objek penelitian adalah Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share. Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada pembelajaran Tematik. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan aktifitas belajar siswa dapat di diukur dari evaluasi siklus I, dan siklus II. dengan nilai aktifitas belajar siswa pada siklus I sebesar 60% dan siklus II 90%. Sedangkan peningkatan hasil keaktifan siswa dapat diukur dari setiap siklusnya, keaktifan siswa pada siklus I sebesar 60% dengan kategori „‟cukup aktif‟‟ dan keaktifan siswa pada siklus II sebesar 85% dengan kategori „‟sangat aktif‟‟. Dengan demikian hasil penelitian di Sekolah Dasar Negeri 21/IV Pelayangan Kota Jambi. telah tercapai dengan baik.