PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI TEMATIK PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU UNTUK SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH RAHMATULLAH KOTA JAMBI

Main Authors: Zulfitrah Akbar, TPG161989, Mahluddin, Mahluddin, Fatmawati, Kiki
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/3182/1/ZULFITRAH%20AKBAR%20%28TPG.161989%29.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/3182/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Pengembangan Media Monopoli Tematik pada Tema Daerah Tempat Tinggalku untuk Siswa Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Rahmatullah Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengembangkan media Pembelajaran Monopoli Tematik pada pembelajaran Tematik Terpadu (2) Untuk mengetahui kelayakan media Monopoli Tematik pada pembelajaran Tematik Terpadu (3) Untuk mengetahui keefektifitas media Monopoli Tematik dalam pembelajaran Tematik Terpadu. pengembangan media Monopoli Tematik dalam pembelajaran Tematik Terpadu ini diperuntukkan untuk anak kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Rahmatullah pada Pokok bahasan Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Model pengembangan ini merupakan salah satu model prosedural yang bersifat deskriptif, model ini juga sesuai dengan karakteristik jenis penelitian Research and Development (R&D) yaitu untuk menghasilkan produk. Metode Research and Development ini adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan, dan menguji keefektifan suatu produk. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Rahmatullah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan angket. Validasi pengembangan media pembelajaran ini melibatkan 3 validator yaitu ahli materi, ahli desain media, dan ahli pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, hasil validasi ahli materi menilai media ini masuk dalam kategori “sangat valid” dengan presentase penilaian 100 % dan hasil validasi ahli desain media menilai media ini masuk dalam kategori “sangat valid” dengan presentase penilaian 94,44 % artinya media Monopoli Tematik ini layak untuk dijadikan media pembelajaran. validator ahli pembelajaran menilai media ini masuk dalam kategori “sangat valid” dengan presentasi 93,18 % dan hasil uji coba siswa menilai media ini masuk ke kategori “Sangat Baik” dengan persentase penilaian 95.50% artinya media Monopoli Tematik ini efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Tematik Terpadu.