UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN NILAI KEAGAMAAN ISLAM SISWA KELAS IV PADA KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 207 KOTA JAMBI
Main Authors: | Meltia Ramadani, TPG161920, Jailani, Syahran, Azim, Fauzan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/3172/1/TPG161920%20Meltia.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/3172/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang Upaya Guru Dalam Meningkatkan Nilai Keagamaan Islam Siswa Kelas IV Pada Kurikulum 2013 di SDN 207 Kota Jambi, hal ini di latar belakangi dengan maraknya kalangan anak-anak yang mulai melakukan perbuatan yang tidak terpuji, kurang menghargai guru, hingga degradasi moral. Keadaan demikian didukung dengan adanya Kurikulum 2013 yang lebih memprioritaskan pada keagamaan yang terdapat pada Kompetensi Inti (KI) 1 maka dari itu perlu adanya Integrasi (tindakan) nilai - nilai keagamaan karakter pada anak sejak dini, terutama pada program sekolah yang notabene mempunyai tujuan untuk membentuk akhlakul karimah. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SDN 207 Kota Jambi. SDN 207 Kota Jambi dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret pena nilai – nilai keagamaan karakter dalam program sekolah untuk meningkatkan nilai keagamaan siswa. Datanya diperoleh dengan cara wawancara terstruktur, observasi partisipasi pasif, dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan fenomenologi dan analisis deskriptif menggunakan reduksi data, data display (penyajian data) dan kesimpulan (verifikasi). Penelitian ini menunjukkan bahwa: peningkatan nilai keagamaan di SDN 207 Kota Jambi dilaksanakan dengan metode pembiasaan diantaranya : kegiatan rutin, kegiatan spontan dan kegiatan keteladanan. Temuan tersebut memberikan acuan untuk evaluasi program keagamaan guna membentuk karakter yang akhlakul karimah.