PENGARUH PEMBERIAN KUIS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 30 MUARO JAMBI

Main Authors: UMI KURNIA FAJRI, TM. 151301, Rusmini, Rusmini, Walid, Abul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2997/1/UMI%20KURNIA%20FAJRI%20-%20Dinni%20Computer.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2997/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh pemberian kuis terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi, (2) mengetahui pengaruh pemberian kuis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi, (3) mengetahui pengaruh pemberian kuis terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental – Pretest-Postest Control Grup Desain.Sampel penelitan ini adalah siswa kelas VIII A (kelas eksperimen) dan VIII B (kelas kontrol) dengan masing-masing kelas berjumlah 24 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari: (1) instrumen motivasi belajar siswa berupa angket (pretest dan postest), (2) instrumen hasil belajar siswa berupa soal pretest dan postest. Selama penelitian ini diadakan kuis sebanyak 3 kali, dikerjakan secara individu dalam waktu 10-15 menit. Data angket siswa dan hasil belajar siswa dianalisis dengan uji thotelling dan ttes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh pemberian kuis terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Hal itu dapat dilihat dari perbedaan rata-rata skor motivasi dan hasil belajar matematika siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu diperoleh nilai Fhitung = 17,12 > Ftabel = 3,20, (2) Ada pengaruh pemberian kuis terhadap motivasi belajar matematika siswa. Hal itu dapat dilihat dari nilaito = 4,35 lebih besar dari ttabel (baik pada taraf signifikan 5%= 2,02 ataupun 1% = 2,69), (3) Ada pengaruh pemberian kuis terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal itu dapat dilihat dari nilaito = 4,61 lebih besar darittabel (baik pada taraf signifikan 5%= 2,02 ataupun 1% = 2,69). Hasil dari penelitian ini menyarankan agar guru menggunakan pemberian kuis dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa.