PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH JAUHARUL IMAN SENAUNG

Main Authors: DELVI, TM151201, Musyaddad, Khalid, Tanti, Tanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2990/1/SKRIPSI_DELVI_TM151201%20-%20Delvi%20Sp.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2990/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi matematis terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Mts Jauharul Iman Senaung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey dengan populasi siswa 54 dan sampel sebanyak 35 orang siswa. pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data penelitian di ambil dengan menggunakan tiga instrumen yaitu angket kepercayaan diri, tes kemampuan komunikasi matematika dan tes hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah desain kuantitatif survey. Hasil penelitian ini mendapatkan rata-rata skor kepercayaan diri sebesar 57,1 dan standar deviasinya 5,73. Kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII Mts Jauharul Iman Senaung memiliki skor rata-rata 72,4 dan standar deviasinya 12. Sedangkan Hasil belajar siswa kelas VIII Mts Jauharul Iman Senaung memiliki skor rata-rata 74,30 dan standar deviasinya 11. Uji hipotesis menggunakan korelasi parsial. Berdasarkan hasil analisis statistika yang dilakukan diperoleh hasil F_hitung≥F_tabel=4,85 ≥2,04, dengan koefisien determinasi R2 = 0,482, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi matematis terhadap hasil belajar kelas VIII Mts Jauharul Iman Senaung. Kata Kunci: kepercayaan Diri, Kemampuan Komunikasi Matematis, dan Hasil Belajar