PENGARUH PRODUK, PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH UNTUK MENABUNG DI BANK SYARI’AH STUDI PADA NASABAH BANK MUAMALAT INDONESIA KOTA JAMBI

Main Authors: Rijlan Hasanuddin, MLK 16.2494, Syukri, Ahmad, Nofrianto, Nofrianto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2979/1/BOOKMARKS%20TESIS%20RIJLAN%20HASANUDDIN%20-%20Rijlan%20Hasanuddin.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2979/
Daftar Isi:
  • Bank Syariah merupakan lembaga keuangan yang beroperasi berdasarkan prinsip syariah dan menghilangkan sistem riba. jumlah dana pihak ketiga (DPK) yang tercatat pada lembaga keuangan perbankan pada khususnya di Indonesia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun namun jika kita lihat perbandingan pertumbuhan DPK dari bank bank syariah sangat jauh tertinggal dibandingkan dengan bank konvensional. Peningkatan DPK yang masih tinggi menunjukkan tingkat kepercayaan nasabah yang semakin baik terhadap perbankan syariah untuk menempatkan dananya baik dalam bentuk giro, tabungan, maupun deposito. Komposisi dana pihak ketiga yang dihimpun oleh perbankan syariah masih didominasi oleh deposito sebesar 58,72%, diikuti oleh tabungan sebesar 29,57% dan giro sebesar 11,72%. Menurut Monang Ranto dan Inggrita Gusti (2013) bahwa pelayanan, promosi, lokasi secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menabung. Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif Deskriptif dengan metode analisis regresi linear berganda yang dilaksanakan di Bank Muamalat Indonesia kota jambi menggunakan bentuk studi lapangan (Field Study) yakni pengumpulan data dengan cara data kuisioner dan wawancara dengan data dari tahun 2013 – 2017 . Penelitian ini menghasilkan 2 kesimpulan, yaitu: (1) keputusan nasabah untuk menabung memiliki pengaruh signifikan terhadap produk, pelayanan dan promosi secara simultan. (2) Mengenai bagaimana pengaruh produk, pelayanan dan promosi secara simultan terhadap keputusan nasabah untuk menabung di BMI. Bahwa faktor yang mempengaruhi minat nasabah untuk menabung diantaranya pengetahuan nasabah mengenai produk yang ada di bank muamalat itu sendiri dan dengan harga / Price dan place promotion. Tidak hanya itu kinerja marketing atas mekanisme kerja marketing dalam mempromosikan produk funding kepada nasabah dengan mempelajari profil nasabah sebelum membuat rekening di BMI. Disamping itu pelayanan kepada nasabah sangat mendukung. Maka dari pada itu BMI melakukan pembinaan karena sebagai standar layanan. Kinerja BMI belum maksimal didalam mengintegrasikan satu sama lainnya pada khususnya mengenai produk, pelayanan dan promosi secara simultan terhadap keputusan nasabah untuk menabung di BMI sehhingga berdampak jumlah rekening di BMI tidak tumbuh secara signifikan per tahunnya.