IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI RAUDHATUL ATHFAL NURUL YAQIN MUARO JAMBI
Main Authors: | NURHABIBAH, TRA. 152170, Magdalena, Rts, K, Nurmalia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2946/1/Nurhabibah_TR.%20152170_Pendidikan%20Islam%20Anak%20Usia%20Dini%20-%20NUR%20HABIBAH.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2946/ |
Daftar Isi:
- Kurikulum 2013 Berbeda dengan kurikulum sebelumnya, karena itu wajar jika dalam implementasinya terdapat kesulitan-kesulitan. Untuk itu kurikulum 2013 dengan segala kekurangan dan kelebihannya adalah momentum yang layak untuk dicatat dalam lembar pendidikan. Implementasi kurikulum 2013 merupakan aktualisasi kurikulum dalam pembelajaran dan pembentukan kompetensi serta karakter peserta didik. Pembelajaran dilakukan secara tematik terpadu yang dilakukan sesuai dengan kurikulum 2013 pembelajaran dengan tema. Penelitian ini dilaksanakan di Raudhatul Athfal Nurul Yaqin Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik Wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil dari data menemukan bahwa penerapan Kurikulum 2013 di Raudhatul Athfal Nurul Yaqin dalam perencanaan pembelajaran RPPM dan RRPH menggunakan yang sudah ada, selain itu tidak mempersiapkan media dan model pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran terpaku dengan buku guru dan siswa, guru hanya menyesuaikan pada buku guru dan siswa. Evaluasi Tematik terpadu Tidak mencakup penilaian autentik dalam ranah sikap pengetahuan dan keterampilan. Kendala yang dihadapi banyak kekurangan baik sarana dan prasarana, persiapan guru pada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.