PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA

Main Authors: NOVI SANTIKA, TB 151006, Jalaludin, Jalaludin, Novalyan, Devie
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2944/1/NOVI%20SANTIKA%20FULL%20SKRIPSI%20-%20Novi%20Santika.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2944/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Pembelajaran berbasis praktikum terhadap hasil belajar biologi siswa di SMAN 1 Kuala Tungkal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis praktikum terhadap hasil belajar biologi siswa. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan menggunakan Posstest Only Control design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eskperimen menggunakan pembelajaran berbasis praktikum sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran yang biasa di gunakan oleh guru sekolah tersebut. Teknik pengambilan sampel secara random oleh guru di Sekolah tersebut. X MIPA 1 sebagai kelas eskperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Dari analisis data uji tes “t” didapat hasil t0 = 2,976 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% = 2,00 dan ttabel pada taraf signifikansi 1% = 2,65 maka t0 lebih besar dari pada ttabel atau 2,00 ≤ 2,976 ≥ 2,65. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis praktikum dengan siswa yang tidak menggunakan pembelajaran berbasis praktikum dalam pembelajarannya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi tentang Plantae.