Literasi Informasi Siswa Kejuruan Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas XI di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Muaro Jambi Berdasarkan Standar International Federation of Library Associations and Institution

Main Authors: TUTI HANDAYANI, IPT.150477, Huda, Syamsul, Haqq, Athiatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2933/1/IPT150477_IPT.150477_Ilmu%20Perpustakaan%20-%20Tutihan%20Dayani.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2933/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang Literasi Informasi Siswa Kejuruan Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas XI di Sekolah Menengan Atas Negeri 1 Mauro Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan Siswa Kejuruan Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Muaro Jambi dalam mengakses informasi dan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa kejuruan mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Muaro Jambi dalam mengevaluasi informasi serta untuk mengetahui kemampuan Siswa Kejuruan Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas XI Sekolah Menengah Atas dalam menggunakan informasi yang telah diperoleh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, subyek dalam penelitian ini adalah siswa/ siswi kejuruan Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan kejuruan Ilmu Pengetahuan Sosial dengan sampel yang berjumlah 7 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian in menunjukkan bahwa Siswa Kejuruan Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Muaro Jambi, cenderung lebih aktif dalam proses belajar jika dibandingkan dengan Siswa Kejuruan Ilmu Pengetahuan Sosial, namun mereka sama-sama memiliki kemampuan yang baik dan kelemahan dalam keilmuan literasi informasi, kemampuan yang baik itu meliputi, kemampuan dalam mengakses informasi dan mengevaluasi informasi. Kelemahannya ini terletak pada kemampuan dalam pengunaan informasi dimana mereka kurang memahami tentang penggunaan standar penulisan informasi yang sesuai dengan kaidah penulisan. Dalam hal ini, perlu adanya pengembangan pemahaman konsep dan kemampuan literasinya untuk menunjang eksistensi kejuruan mereka yang dapat dikategorikan siswa yang aktif di sekolah dalam masa pembelajaran.