PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MEDIA KARTU KATA PADA SISWA KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA NURUL YAQIN SIMPANG SUNGAI DUREN KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA KABUPATEN MUARO JAMBI

Main Authors: SUMASTI AGUS TINA, TPG.151732, Shalahuddin, Shalahuddin, Al-Ihwanah, Al-Ihwanah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2927/1/skripsi%20sumasti%20-%20Sumasti%20agustina.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2927/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan media kartu kata pada siswa kelas 1 MIS Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekan kualitatif yang diperkuat dengan pendekatan kuantitatif, dengan mengambil latar MIS Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IA di MIS Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren, sedangkan objek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan media kartu kata pada tema lingkungan bersih, sehat dan asri. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan melalui empat tahapan yang mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes membaca dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Peningkatan aktifitas belajar siswa dapat diukur dari evaluasi siklus I, II, dan III dengan nilai aktifitas belajar siswa pada siklus I sebesar 57%, siklus II sebesar 71%, dan siklus III sebesar 78%. Sedangkan hasil tes peningkatan keterampilan membaca permulaan dapat diukur dari setiap siklusnya, keterampilan membaca siswa pada siklus I sebesar 68,8 (belum mencapai KKM), keterampilan membaca pada siklus II sebesar 75,2 (sudah mencapai KKM), dan keterampilan membaca siklus III sebesar 78 (sudah mencapai KKM). Dengan demikian hasil penelitian MIS Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren..