PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST ASSESSMENT, dan SATISFACTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA ILMU PENGETAHUAN ALAM

Main Authors: SHIDRATUL MA’ARIFAH, TB.140518, Idris, Ilyas, Suraida, Suraida
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2917/1/Skripsi%20Shidratul%20Ma_Arifah%20-%20Shidratul%20Ma_arifah.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2917/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan hasil belajar Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Muaro Jambi dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS pada pembelajaran IPA terpadu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakanmodel pembelajaran ARIAS. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan tes dilakukan setiap akhir siklus. Subjekpenelitian ini adalah siswa kelas VIII F Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Muaro Jambi yang berjumlah31 orang. Dalam penerapan model pembelajaran ARIASini didapatkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa setiap siklus. Siklus I skor rata-rata siswa 69,54 dengan indeks ketuntasan 67,75% siswa. Siklus II skor rata-rata siswa 72,35 dengan indeks ketuntasan 77,41% siswa. Dari hasil penelitian ini dapat direkomendasikan bahwa model pembelajaran ARIAS dapat diterapkan oleh guru dalam pembelajaran IPA di sekolah untukmeningkatkan hasil belajar.