PENERAPAN MEDIA WAYANG KARTUN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 6 LINGKUNGAN YANG BERSIH SEHAT DAN ASRI KELAS 1 MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ITTIHAD KOTA JAMBI

Main Authors: ROVITA SARI, TPG.151723, Mahluddin, Mahluddin, Ikhtiati, Ikhtiati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2911/1/Skripsi%20Rovita%20Sari.%20TPG.151723%20-%20Rovita%20Sari.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2911/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah, serta kurangnya minat siswa dalam belajar dan memperhatikan materi yang disampaikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6 lingkungan yang bersih sehat dan asridengan menerapkan Media Wayang Kartun pada kelas 1A Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ittihad Kota Jambi pada subtema 1 lingkungan rumahku. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dari dua kali pertemuan termasuk tes yang dilakukan setiap siklusnya yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Media Wayang Kartun dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6 lingkungan yang bersih sehat dan asri subtema 1 lingkungan rumahku kelas 1A Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ittihad Kota Jambi. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang dilakukan setiap siklusnya, pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 64,43 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 53% dan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 82,13 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 87%. Peneliti menyarankan guru dapat menerapkan Media pembelajaran Wayang Kartun dalam kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajar siswa lebih optimal.