Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Muthmainnah Kota Jambi

Main Authors: HAYATUN NAJWA, TPG 151681, Ahmad, Saidah, Sari, Sri Yulia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2889/1/Hayatun%20Najwa_TPG.151681_PGMI%20%281%29%20%283%29%20-%20Hayatun%20Najwa.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2889/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Muthmainnah Kota Jambi. pada saat pembelajaran tematik , masih ada siswa yang bermain, hanya beberapa siswa yang mau berinteraksi secara aktif yang segera mengerjakan tugas pemberian guru, siswa yang masih pasif dalam pembelajaran masih terlihat menunda-menunda tugas pemberian guru atau bercanda dengan teman-teman yang lain. masih ada siswa yang tidak mau bertanya tentang pelajaran yang kurang dipahaminya, masih ada siswa yang tidak percaya diri terhadap gagasan sendiri, masih ada siswa yang belum berani mengemukakan pendapat, guru sering tidak menggunakan media dan metode bervariasi ketika mengajar sehingga kreativitas siswa belum dapat dimaksimalkan. Siswa yang memiliki kreativitas belajar yang tinggi, pasti memiliki motivasi belajar yang tinggi pula. Hal ini dikarenakan motivasi belajarnya yang tinggi itulah yang dapat menjadi pendorong baginya untuk melakukan hal-hal yang kreatif selama berlangsungnya proses pembelajaran. Kreativitas siswa ditandai pada temuan awal ini masih kurang melibatkan peserta didik dalam berinteraksi dan kreativitas siswa dalam belajar, membaca, menulis, mengerjakan soal atau tugas pemberian guru . Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah sebagai berikut : 1) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Tematik yaitu: KKG(Kelompok Kerja Guru), menggunakan metode yang bervariatif, memberikan motivasi. 2) Faktor Pendukung dan Penghambat Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Tematik yaitu: faktor pendukung: media pembelajaran, ekstrakurikuler . faktor penghambat: fokus siswa terganggu, kurangnya waktu pada saat jam pelajaran,kurangnya motivasi orang tua.3) Upaya Guru Dalam Mengatasi Faktor Penghambat dalam meningkatkan kreativitas siswa upaya mengatasi fokus siswa terganggu dengan melakukan pendekatan individu kepada siswa, pemilihan metode pembelajaran yang menarik, beri pengertian kepada siswa bahwa tugas yang sedang siswa kerjakan memilki batas waktu, upaya mengatasi kurangnya waktu pada saat jam pelajaran guru harus sebisa mungkin mengelola waktu agar materi yang akan diajarkan bisa tersampaikan dengan baik, dalam hal ini RPP juga berfungsi sebagai salah satu faktor untuk mengatasi hal tersebut, upaya mengatasi kurangnya motivasi orang tua guru harus melakukan pendekatan terhadap siswa, ketika dirumah orang tua berhak tahu dan menanyakan nilai atau hasil belajar anaknya, menanyakan kesulitan-kesulitan yang dihadapi anaknya ketika disekolah.