PENGARUH NETODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI ALJABAR SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 18 SAROLANGUN

Main Authors: HALIMATUSSA'DIAH, TM.140707, Rosadi, Kemas Imron, Sunarto, Sunarto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2871/1/HALIMATUSSA_DIAH%20TM140707%20TADRIS%20MATEMATIKA%20-%20halimatussadiah%20diah.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2871/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang pengaruh metode pembelajaran Penemuan Terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 18 Sarolangun. Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh menggunakan Metode Penemuan Terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakandesainposttest Only Contol Designdan teknik pengambilan sampel menggunakancluster random sampling, sehingga diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 orang dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematika. Kelas eksperimen yang menerapkan metode pembelajaran Penemuan Terbimbing diperoleh skor tertinggi 90, skor terendah 60 dan skor rata-rata 76.6 sedangkan kelas kontrol yang tidak menerapkan metode pembelajaran Penemuan Terbimbing diperoleh skor tertinggi 75, skor terendah 50 dan skor rata-rata 67. Setelah dilakukan perhitungan hipotesis dengan menggunakan uji “t” test, maka didapati t_hitung=4.11pada taraf signifikan 5%=2.02 dan pada taraf signifikan1%=2.71. Berdasarkan kriteria hipotesis statistik yaitu jika t_hitung≥t_tabel maka H_a diterima dan H_0 ditolak dan jika t_hitung≤t_tabel maka H_a ditolak dan H_0 diterima. Karena dari taraf signifikan t_(tabel )5% dan t_tabel 1% lebih kecil dari t_hitungdengan demikian t_tabel≤t_hitung≥t_tabel (2.02≤4.11≥2.71) maka H_a diterima, berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran Penemuan Terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematikan kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 18 Sarolangun