IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEAGAMAAN DALAM MENGATASI KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 24 KOTA JAMBI

Main Authors: RABIATUL ADAWIAH, TP151441, Hakim, Lukman, Andriani, Tuti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2860/1/SKRIPSI%20RABIATUL%20ADAWIAH%20BookMart%20-%20Rabiatul%20Adawiah.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2860/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana bentuk penerapan Nilai-nilai keagamaandalam mengatasi kedisiplinan siswa(2) apa saja kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan Nilai-nilai keagamaan dalam mengatasi kedisiplinan siswa (3) apa upaya yang dilakukan guru dalam menerapkan Nilai-nilai keagamaan dalam mengatasi kedisiplinansiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) Wawancara, (2) Observasi, (3) Dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan tiga tahap analisis yaitu (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, (3) Penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data penulis menggunakan ketekunan pengamatan, triagulasi, dan pengecekan teman sejawat. Adapun jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dandata sekunder. Adapun hasil penelitian ini yang telah dicapai oleh peneliti adalah: (1) Bentuk penerapan Nilai-nilai keagamaan dalam mengatasi kedisiplinan siswa di SMPN 24 kota Jambi yaitu Pembiasaan, Metode uswah (Keteladanan), Strategi koreksi dan pengawasan dan Metode tsawab (Hukuman). (2) Beberapa faktor pendukung penerapan Nilia-nilai keagamaan dalam mengatasi kedisiplinan siswa di SMPN 24 kota Jambi, diantaranya: Ada visi dan misi yang jelas dari SMPN 24 kota Jambi, kerjasama yang terjalin antara sesame guru di sekolah serta sarana dan prasarana yang sudah memadai. Adapun kegiatan yang menunjang dalam menerapkan Nilai-nilai keagamaan dalam mengatasi kedisiplinan siswa di SMPN 24 kota Jambi antara lain sholat berjamaah khususnya sholat dhuhur, Membaca do'a, membaca al-qur'an serta membaca asmaul husna secara bersama-sama di pagihari sebelum pelajaran dimulai, Standar kompetensi ubudiyah berupa buku kompetensi kecakapan membaca surah pendek dan do'a-do'a