PENGARUH FASHION HIJAB TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN STS JAMBI

Main Authors: Wulandari, Suci, Yanti, Illi, Baining, Mellya Embun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/286/1/SUCI%20WULANDARI%20bk%20-%20Suci%20Wulandari.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/286/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bermaksud untuk meneliti pengaruh fashion hijab terhadap perilaku konsumtif mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Perkembangan dunia fashion telah memasuki hingga dunia hijab pada saat ini. Banyak model yang sedang berkembang menyebabkan perilaku pembelian berlebihan. Perilaku konsumtif adalah pada perilaku konsumtif Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN STS Jambi. Dengan karakteristik responden yang mempunyai frekuensi dalam penggantian hijab sebanyak 1-2 kali/bulan. Populasi dalam penelitian ini adalah 990 mahasiswi. Teknik sampling menggunakan purposive sampling sebanyak 91 responden. Tehnik pengambilan data menggunakan kuesioner yang terkandung 24 item pernyataan yang diukur menggunakan skala likert 1 sampai 5 dan diuji oleh validitas dan reliabilitas. Tehnik analisa data untuk menjawab hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana. Uji parsial digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini. Hasil menunjukkan bahwa fashion hijab mempunyai pengaruh positif terhadap perilaku konsumtif sig > 0.05 (0.00 < 0.05). Hasil tersebut berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kemudian nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa pengaruh fashion hijab terhadap perilakuk konsumtif sebesar 26.3% sedangkan sisanya 73.6% dipengaruhi faktor lain.