PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DI SEKOLAH MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 KOTA JAMBI

Main Authors: ADI SAPUTRA, TF151070, Rizalman, Rizalman, Shalahudin, Shalahudin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2859/1/FULL%20skripsi%20ADI%20SAPUTRA%20-%20Adi%20Saputra.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2859/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa MAN 3 Kota Jambi Kelas X MIPA II tahun ajaran 2018/2019 pada pembelajaran Fisika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Setiap siklus diawali tahap persiapan kemudian dilanjutkan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA II sebanyak 29 siswa. Data diperoleh melalui tes, pengamatan dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif didukung data kuantitatif. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran melalui model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa MAN 3 Kota Jambi kelas X MIPA II tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini ditunjukkan dari hasil tes kemampuan kognitif siswa mulai dari siklus I nilai ketuntasannya sebesar 55,2% sampai siklus II sebesar 86,2%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ARIAS dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran meskipun fasilitas sekolah belum mendukung, terdapat waktu yang panjang untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran, dan siswa aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.